Manfaat Baby Massage

baby massage

Pijat bayi adalah praktek pengasuhan anak kuno yang masih dipraktekkan di seluruh dunia. Penelitian medis terbaru telah membuktikan banyaknya manfaat pijat bayi. Sebuah studi menunjukkan bahwa bayi prematur yang dipijat tiga kali sehari selama sepuluh hari mendapatkan kenaikan berat badan hampir 50 persen lebih banyak, lebih aktif dan waspada dan dapat meninggalkan rumah sakit enam hari lebih cepat dibandingkan bayi prematur lainnya. Pijat bayi bermanfaat merangsang  syaraf motorik, memperbaiki pola tidur, membantu pencernaan dan meningkatkan ketenangan emosional anak, selain menyehatkan tubuh dan otot-otot. Bayi yang dipijat dengan baik dan teratur  dapat tumbuh lebih sehat dan berkembang lebih baik. Berikut adalah beberapa tips pijat untuk bayi. Tidak hanya orang dewasa, bayi pun membutuhkan olah tubuh agar sirkulasi darahnya lancar. Selain itu tubuh bayi menjadi sehat dan bugar, juga tumbuh menjadi anak yang tidak mudah rewel. Sebenarnya, sejak lahir setiap bayi sudah melakukan gerak sekaligus menguatkan otot-otot tubuhnya. Contohnya ketika ia mengeliat, menangis sambil menghentak-hentakan kakinya, mengangkat kepala saat tengkurap, atau saat mencoba membalikan badannya sendiri.

Bagi anak usia 0-6 bulan salah satu olah tubuh yang dapat dan baik dilakukan adalah pijat. Pijat bayi sebenarnya merupakan suatu bentuk terapi sentuhan (touch therapy) yang sangat bermanfaat baik bagi bayi maupun orang tuanya.

Sejumlah penelitian membuktikan, pijat bayi yang dilakukan rutin, akan membantu proses tumbuh kembang fisik dan emosi bayi, disamping membantu mempertahankan kesehatannya. Bahkan hasil penelitian Cynthia Mersamann dalam buku Infant Massage, A Handbook for Loving Parent menunjukkan, ibu yang memijat bayinya akan memproduksi ASI lebih banyak.

MANFAAT PIJAT BAYI

  • Sirkulasi darah jadi lancar.
  • Mengoptimalkan proses pertumbuhan.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Membantu otak melepaskan hormone yang membuat bayi menjadi relaks dan nyaman.
  • Mengurangi kerewelan bayi, biasanya bayi yang sering dipijat akan mudah tidur lelap.
  • Mempererat ikatan batin dan emosional antara orang tua dan bayi.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s