Jangan Batasi Gerak Si Kecil!

perkembangan bayiBanyak orang tua yang terlalu khawatir bayinya terjatuh, terluka atau mengalami kejadian ‘mengerikan’ lainnya – sehingga kerap kali membatasi gerak dan mobilitas si kecil.

Bayi berusia 7-8 bulan biasanya sudah memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Dia akan mulai merayap, merangkak dan berkeliling ke setiap penjuru rumah untuk memenuhi rasa ingin tahunya yang begitu besar. Si kecil biasanya akan mulai memegang benda-benda yang menarik perhatiannya, dan ‘settt’ – sejurus kemudian benda itu sudah berada di mulutnya… :)

Si kecil pun akan mulai berpegangan kepada benda-benda dan perabotan yang ada di dalam rumah, ia akan menarik tubuhnya hingga berdiri tegak, dan mulai melangkahkan kakinya selangkah demi selangkah sambil terus berpegangan kepada benda-benda tadi. Terkadang ia pun limbung karena kehilangan keseimbangan, dan ‘brukkk’ – dia pun jatuh terduduk.

Seperti inikah pemandangan sehari-hari Anda bersama si kecil yang sudah berusia 7-8 bulan?

Lalu apa yang Anda lakukan terhadap ‘si perusuh’ yang baru hadir di tengah keluarga ini?

Kebanyakan orang tua akan sibuk berteriak, “Eit, jangan!”, “Jangan yang itu!”, “Aduh, susah amat sih dibilangin…!?” dan seruan-seruan sejenis lainnya.

Bahkan tidak sedikit orang tua yang akhirnya memutuskan untuk terus menerus menggendong anaknya agar ‘aman’ dari cedera dan ‘tidak merusak’ benda-benda di sekitarnya…

Atau mungkin Anda pun begitu?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s