Dampak Minuman Bersoda Untuk Ibu Hamil

Minuman bersoda umumnya mengandung banyak gula, asam fosfat, karbonat, bahan pengawet, dan kafein. Adakah dampaknya terhadap kehamilan?

Tentu saja ada, Ma. Dilihat dari kandungan gulanya saja, 1 kaleng minuman bersoda bisa mengandung hingga 12 sendok teh gula. Tak hanya berisiko membuat Anda kelebihan berat badan, terlalu banyak asupan gula juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes gestasional yang mempengaruhi bobot janin menjadi terlalu besar sehingga sulit dilahirkan.

Penelitian lain juga membuktikan bahwa gula dapat melemahkan kemampuan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat. Atau dengan kata lain, membuat daya tahan tubuh Anda menurun. Padahal, selama hamil, Anda dituntut untuk selalu sehat dan fit.

Satu lagi hal yang perlu diwaspadai. Kadar asam fosfat yang tinggi dalam minuman bersoda dapat menyebabkan peningkatan asupan fosfor di dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan risiko terhambatnya penyerapan kalsium dalam tubuh dan berdampak pada penurunan massa tulang.

Selanjutnya, sudah bisa diduga, potensi untuk terkena osteoporosis juga semakin tinggi. Jadi, pilih air putih atau jus buah saja, ya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s