Ketika Batuk Pilek Menyerang

Ketika Batuk Pilek Menyerang

Penyakit batuk dan pilek paling sering menyerang bayi maupun anak-anak. Frekwensinya bisa dua bulan atau bahkan sebulan sekali. Jika tidak tahu cara mengatasinya dan selalu bergantung pada obat-obatan.

Maka bisa dibayangkan bayi dan anak-anak Anda akan minum obat hampir tiap bulan. Karena itu perlu Anda tahu apa yang terjadi saat batuk atau pilek itu menyerang.

Batuk
Ketika bayi atau anak batuk, telah terjadi proses pertahanan tubuh. Karena dengan batuk, benda asing di dalam saluran nafas dapat dikeluarkan. Seperti lendir yang berlebihan atau dahak yang disebabkan oleh infeksi virus atau alergi. Biasanya, batuk karena virus, bisa berlangsung selama 2 minggu. Beda, jika penyebabnya karena sensitif atau alergi, biasanya butuh waktu agak lama sembuh.

Pilek
Lalu apa yang terjadi saat pilek menyerang? Pilek terjadi karena infeksi virus. Karena penyebabnya virus, maka pilek maupun batuk tidak bisa diobati dengan obat. Karena dapat sembuh dengan sendirinya. Jadi yang utama adalah meningkatkan daya tahan tubuh anak untuk mempercepat proses pemulihan.

Apa sebaiknya yang Anda lakukan untuk membantu meringankan batuk dan pilek si kecil?
Ada yang menjemur bayinya di sinar matahari pagi. Tindakan ini sangat  baik, karena dapat membantu menghangatkan saluran pernafasan. Efeknya lendirpun ikut mencair dan semakin mudah di keluarkan.

Minum yang banyak,juga dapat menjadi obat mujarab batuk dan pilek. Karena dengan minum yang banyak akan terhindar dari dehidrasi, tenggorokan juga tidak kering dan dahak lebih encer sehingga mudah dikeluarkan.

Ternyata memandikan bayi dan anak saat sakit dengan air hangat, juga dapat meringankan batuk. Air hangat dan uap panas memang mampu melembabkan udara sehingga membantu melegakan nafas dan mengencerkan lender. Lendir jadi mudah dikeluarkan. Uap panas yag dihirup bayi atau anak-anak didalam kamar yang tak ber AC, mampu melegakan pernafasan.

Cara mendapatkan uap panas dengan meletakkan air panas didalam baskom lalu diberi minyak kayu putih. Letakkan baskom tadi disudut ruangan. Mengoleskan balsam atau minyak pada dada si kecil, dapat membantu mengencerkan dahak dan melegakan saluran nafas. Pilih produk yang sesuai usia, sehingga anak nyaman dan bukannya jadi kepanasan.

Jangan lupa membantu anak atau bayi mengeluarkan ingusnya. Pada bayi baru lahir, tetap berikan ASI dan hindari penggunaan botol. Sebab, gerakan bayi mengisap payudara akan menutup saluran eustachius yang menghubungkan hidung dengan telinga. Kondisi ini akan memperkecil risiko terjadinya infeksi telinga oleh bakteri yang ada di hidung dan
tenggorokan.

Agar bayi bernapas lega, khususnya saat minum susu atau sebelum tidur, keluarkan cairan hidungnya dengan penguapan, menepuk-nepuk punggung bayi dalam posisi telungkup di paha Anda, atau disedot menggunakan alat penyedot lendir.

Jika telah terjadi infeksi pada anak-anak di bawah usia lima tahun, maka anak akan mengalami kesulitan bernafas. Jika napas anak sudah berbunyi di bagian dada yang disebabkan tertutup lendir, anak akan bernapas melalui cuping hidung yang merupakan indikasi anak sudah terkena pneumonia.

Maka segeralah mengobati ketika si anak mengalami gejala ISPA, seperti flu dan batuk ringan. Selama suhu badan anak belum panas, obat yang digunakan pun tidak perlu yang berat-berat atau aneh-aneh.

Cara tradisional pun bisa dilakukan seperti memberikan sari jeruk nipis ditambah kecap untuk mengatasi batuk dan flu pada anak. Karena jeruk dicampur kecap bisa mengurangi gumpalan dahak pada saluran pernafasan. ***

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s