Mengenal masa kehamilan

Mengenal masa kehamilan

Setiap pasangan yang telah menikah tentunya ingin mempunyai keturunan. Salah satu tahap yang harus dilalui adalah hamil. Kehamilan adalah masa dimana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam rahimnya. Hal ini pada umumnya berlangsung selama  40 minggu dihitung mulai dari hari pertama  menstruasi terakhir. Didalam dunia medis kita mengenal  ada tiga fase kehamilan yaitu:

1. Trimester  pertama kehamilan (3 bulan pertama kehamilan)

trimester pertama kehamilan

Pada trimester pertama, keadaan janin masih sangat lemah. Hal ini merupakan masa kehamilan yang rentan terhadap keguguran. Untuk itu seorang ibu hamil benar-benar harus menjaga kondisi tubuhnya. Pada masa ini, perubahan fisik mulai tampak. Pada trimester pertama ini mulai terbentuk struktur dasar saraf janin. Hal yang harus diingat adalah bahwa janin tumbuh dan dapat berkembang dengan baik serta sempurna juga tergantung kepada nutrisi yang dikonsumsi oleh sang ibu. Untuk itu pada trimester pertama ini selain menjaga kondisi fisik, hal yang tak kalah pentingnya adalah memperhatikan asupan makanan. Makanlah makananan yang bernutrisi tinggi sehingga tahap awal perkembangan janin dapat berlangsung sempurna. Jika berat badan ibu sebelum hamil berada pada batas normal maka pada trimester pertama ini ibu memerlukan tambahan 2200 kalori setiap harinya. Pada trimester pertama ini tepatnya pada minggu ke 11  semua organ dalam janin sudah mulai terbentuk dan berfungsi.

 2. Trimester Kedua kehamilan (3 bulan kedua kehamilan)

trimester kedua kehamilan

Pada trimester kedua, perubahan fisik sudah sangat nyata terlihat ditandai dengan penambahan berat badan ibu, payudara yang semakin membesar, dan pada masa ini pencernaan seorang calon ibu juga sedikit terganggu karena pengaruh dari hormon progesterone yang berfungsi membuat relaksasi rahim sehingga ibu merasakan perutnya tidak nyaman. Jika ibu mengalami morning sickness dan kehilangan nafsu makan  pada trimester pertama, pada rimester kedua morning sickness sudah mulai tidak ada dan nafsu makan mulai meningkat. Perkembangan janin sudah menunjukkan adanya aktifitas. Janin sudah bisa memberi respon terhadap rangsangan dari luar. Berat janin normalnya sudah mendekati 1 kg. Pada masa ini perkembangan fisik janin seperti alis, telinga, hidung, jari-jari tangan dan kaki sudah mulai terbentuk walaupun belum sempurna. Jika dilakukan pemeriksaan USG sudah terlihat  miniatur bayi yang lengkap bagian tubuhnya.

3. Trimester Ketiga Kehamilan (3 bulan ketiga  kehamilan)

Pada tahap ini, perkembangan janin sudah berada pada tahap penyempurnaan. Janin sudah mulai bergerak aktif. Namun, memasuki usia 32 minggu gerakan janin sedikit berkurang karena   sudah bertambah besar dan hampir memenuhi seluruh rongga rahim akan tetapi sang ibu masih bisa merasakan gerakan janin.  Perkembangan berat janin semakin pesat bahkan mencapai  dua kali lipat dibandingkan pada trimester pertama dan kedua. Prioritas pada minggu – minggu terakhir adalah nutrisi bergizi, olahraga seperti senam hamil, dan istirahat yang cukup. Pada masa ini dianjurkan kepada calon ibu untuk lebih sering berkonsultasi ke dokter atau ke bidan untuk mendapatkan tips kehamilan tentunya, karena tidak lama lagi akan menghadapi proses persalinan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s