Stimulasi Bayi Bicara

Memperhatikan tahap bicara bayi mesti ibu lakukan sedini mungkin. Tahapan ini dapat dijadikan parameter ada atau tidaknya gangguan perkembangan pada seorang anak. Tentu saja, ibu juga tak mengabaikan perkembangan lain seperti motor kasar-halus, dan sosialisasi yang juga penting  dalam menentukan optimal atau tidaknya perkembangan seorang anak.

Apalagi otak manusia pada 3 tahun pertama kehidupannya merupakan organ yang sangat pesat pertumbuhan dan perkembangannya. Di periode perkembangan pesat ini ibu dapat memanfaatkannya sebaik mungkin untuk menstimulasi anaknya. Berikut ini perkembangan bahasa bayi usia 0 – 12 bulan dan stimulasi yang tepat sesuai rentang usianya.

  • Bayi usia 0-1 bulan. Meski di usia ini,  bayi hanya bisa menangis, ia sebenarnya sedang aktif belajar berkomunikasi. Ia sudah dapat meniru ekspresi muka dan akan menggunakan bahasa tubuh untuk memberitahu apa yang diinginkan. Walau tahu takkan mendapat jawaban, Anda sebaiknya mulai mengajaknya berkomunikasi.
  • Bayi usia 1-6 bulan. Bayi mulai melihat ciri-ciri wajah, khususnya mata dan kemampuannya ini adalah tonggak penting perkembangan komunikasinya. Dia akan memperhatikan emosi yang Anda perlihatkan pada wajah dan suara dan akan memberi respon.
  • Bayi usia 6-12 bulan.  Bayi mulai menggabungkan konsonan dengan vokal meski belum terlalu jelas. Komunikasinya sudah bertujuan dan mulai memahami beberapa kosa kata.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s