Stimulasi Untuk Bayi Bilateral Clubfeet

Tanya: Stimulasi apa yang bisa saya berikan untuk bayi saya (5 bulan) yang lahir dengan kondisi bilateral clubfeet? Kini kedua kakinya digips. Dia lahir pada usia kehamilan 30 minggu dengan berat 1400 gram.

Jawab: Clubfoot adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan keadaan  dimana kaki berubah/bengkok dari keadaan atau posisi normal. Bilateral clubfeet menunjukkan keadaan ini terjadi pada kedua buah kaki. Penyebab pasti dari clubfoot sampai sekarang belum diketahui. Penatalaksanaan clubfoot harus dilakukan sedini mungkin, minimal beberapa hari setelah lahir. Tujuannya untuk mencegah disabilitas sehingga penderita dapat melakukan aktivitas secara normal, baik ketika anak-anak maupun setelah dewasa.

Pada bayi Ibu yang lahir prematur, maka pemantauan tumbuh kembangnya harus menggunakan usia koreksinya, yaitu usia saat ini dikurangi koreksi usia karena kurang bulannya. Jadi, saat ini usia bayi Ibu untuk penilaian perkembangannya adalah sekitar 2,5 bulan. Stimulasi sebaiknya diberikan secara multi modal. Maksudnya, selain motorik kasar seperti kemampuan tengkurap, harus juga distimulasi motorik halus, bahasa dan personal social-nya.

Ajaklah ia berinteraksi, berikan mainan yang menarik untuk dilihat dan digenggam. Sesekali dalam posisi tidur, angkat kedua tangannya sehingga ia berusaha mengangkat kepalanya. Namun harus diingat bahwa prinsip stimulasi adalah jangan dipaksa, sedini mungkin, berulang-ulang dan dalam keadaan yang menyenangkan. Jika gips sudah dilepas, Ibu akan lebih leluasa lagi melakukan stimulasi.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s