Kiat Membangun Tim Untuk Bisnis Internet

Sebuah bisnis internet pada suatu titik akan mencapai proses dimana teamwork sangat dibutuhkan. Keberadaan tim akan sangat membantu dalam meningkatkan omset bisnis. Lalu, tim seperti apa sih yang dibutuhkan ? mari berbagi….

Jika anda berbisnis dengan membuka toko online, anda butuh sedikitnya 3 fungsi yang bisa dijalankan bersama tim. Yaitu fungsi untuk upload produk, fungsi untuk pemasaran, dan fungsi untuk mengurus pengiriman dan stok.

Jika anda menjalankan program Adsense di blog anda, anda butuh sedikitnya 2 fungsi tim. Yaitu fungsi untuk content writing, dan fungsi untuk backlink building.

Jika anda bermain affiliate, anda butuh tim lebih banyak. Para “downline” anda juga sebuah tim, bukan ?

Pentingnya sebuah tim. Jika anda menginginkan omset yang lebih besar, anda butuh kerja tim di belakang anda. Saya sendiri belum menemui sampai sekarang seorang internet marketer yang bekerja sendirian. note : para “downline” anda di pohon afiliasi adalah tim anda, tanpa mereka anda tidak akan bisa seperti sekarang…

Maka, tim seperti apa sih yang anda butuhkan ? ada 3 hal yang perlu anda perhatikan dalam membangun sebuah tim untuk bisnis internet anda.

Pertama, utamakan fungsi, bukan posisi. Satu posisi bisa memegang lebih dari 1 fungsi. Misalnya bagian pemasaran bisa sekaligus menjadi CS. Bagian pengiriman bisa sekaligus bertugas mengelola pembayaran. pastikan anda meletakkan orang pada fungsinya, bukan posisinya. Setidaknya ini adalah langkah awal anda membangun bisnis anda. Jika sudah oke perkembangannya, bisa jadi 1 fungsi dikerjakan oleh lebih dari 1 orang.

Kedua, bangun sistem dulu, baru cari orangnya. proses bisnis yang baik dimulai dengan sistem yang tersusun dengan baik. jika sistem sudah terpasang, baru mulai action menempatkan orang-orang pada posisi yang tepat. Jika anda berjualan online, maka pastikan anda sudah memiliki sistem atau SOP yang sudah dibuat, baru meletakkan SDM pada masing-masing fungsi. Jika ada pos yang belum terisi, bisa diisi oleh SDM yang sudah ada atau oleh anda.

Ketiga, Bangun Tim Super, bukan Manusia Super. Menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat bukan pekerjaan mudah. Tapi ketika anda berhasil melakukannya, anda tidak hanya akan mencetak seorang ahli di bidangnya, tapi juga sebuah Tim yang Super, saling melengkapi, dan solid.

Mulailah membangun tim anda. Mulai dari 1 orang dahulu, berlanjut kemudian. Penambahan tim jangan dihitung dari seberapa besar omset anda saat itu, tapi hitunglah dari seberapa besar potensi omset yang bisa diraih jika anda menambah tim.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s