tips Berbicara Kepada bayi Anda

Sejumlah riset  telah menunjukan bahwa anak-anak yang orang tuanya kerap mengajaknya bicara saat mereka bayi ternyata memiliki tingkat IQ yang jauh lebih tinggi. disamping itu, kosakata mereka juga jauh lebih kaya dengan anak-anak yang jarang sekali mendapatkan stimulasi verbal sewaktu mereka masih bayi.

Anda dapat mulai mengajak bayi anda berbicara sejak anda mulai hamil. Secara demikian, bayi anda akan terbiasa dengan suara anda. Bacalah buku atau bernyanyi dengan nyaring. Tatkala bayi anda sudah lahir, bebicaralah kepadanya saat anda mengganti tilam tidurnya, saat anda memberi makan atau memandikannya dan beri juga peluang kepadanya untuk merespon dengan senyuman atau kontak mata. Pada sekitar usia lima bulan, anda akan menyaksikan bayi anda kerap mengamati mulut anda secara sungguh-sungguh. Bayi anda akan belajar bicara dengan baik hanya bila anda memang secara sungguh-sungguh melatih untuk keperluan ini. Anda tidak perlu takut untuk menggunakan kata-kata yang sedikit rumit saat mengajak bicara kepadanya.
Cara terbaik bagi seorang bayi untuk memperkaya kosakatanya adalah dengan jalan mendengarkan anda menggunakan kosakata-kosakata baru. Membacakan sesuatu adalah cara baik untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa anak anda. Luangkan setiap hari untuk berbicara secara sederhana kepada bayi anda sejelas dan sesering mungkin. Sangat boleh jadi ia tidak mengerti apa yang anda utarakan, tetapi ia akan sangat senang melihat dan mendengar suara anda. Jadikan bayi anda sebagai rujukan ihwal apa yang anda kerjakan dan katakan kepadanya. Bila apa yang anda lakukan dan katakan dapat membuatnya senang, maka anda akan yakin bahwa anda melakukan dan mengatakan hal yang benar kepadanya. Ungkapkan dalam kata-kata apa yang bayi anda isyaratkan dan ungkapkan lewat raut wajahnya.
Bayi akan senang mendengar suara anda. Sementara anak-anak yang mulai bisa berjalan akan suka saat mendengarkan dongeng yang anda tuturkan buatnya. Dan ini pada gilirannya akan sangat bermanfaat untuk melatih dan mengembangkan kemampuan berbahasa anak anda. Bacakan buku cerita bergambar kepada bayi anda sejak ia berusia enam bulan.
Si kecil mengeluarkan suara? Jangan ragu untuk menanggapinya. Anda bisa berpura-pura menanyakan maksud ocehannya sambil tertawa atau tersenyum. Perlihatkan wajah bahagia Anda, kemudian lihat reaksinya. Namun tatkala ia menangis Jangan berdiam diri saat melihat si kecil menangis. Datangi, Tatap matanya, lalu langsung tanyakan, misalnya, “Kenapa menangis, Nak?” Cara ini akan membuat si kecil paham, bahwa ketika ia menangis, ibu akan bertanya padanya. Maka, ia pun harus merespons dengan jawaban. Langkah terakhir, Lakukan terus hal-hal yang melibatkan Anda berdua dalam setiap kesempatan. Saat ia mulai menirukan suara Anda, ulangi juga kata-kata tersebut

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s